[Hoax] Aplikasi Ukur Oksigen Dapat Ubah HP Jadi Oximeter

02 Juli 2021 | 737 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Aplikasi Ukur Oksigen Dapat Ubah HP Jadi Oximeter

Penjelasan :

Beredar pesan berantai WhatsApp informasi yang mengklaim bahwa aplikasi 02 Meter dapat mengubah Handphone (HP) menjadi oximeter untuk mengukur kadar dan saturasi oksigen dalam darah.

Dilansir dari idntimes.com, dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan bahwa pada dasarnya, HP tidak memiliki sensor kesehatan yang memadai, terutama oximeter. Oleh karena itu, aplikasi pun tidak dapat mengubah HP jadi oximeter. Ia juga mengingatkan bahwa peralatan dengan medical grade harusnya lebih dapat diandalkan daripada alat-alat yang beredar secara umum. Mengingat ancaman happy hypoxia pada khalayak ramai, dr. Andreas memperingatkan apabila mempercayai aplikasi seperti O2 Meter dapat berbahaya. Dokter Andreas meminta masyarakat berpikir kritis sebelum menggunakan aplikasi semacam itu, sebab alat atau aplikasi kesehatan seharusnya memiliki izin dari otoritas kesehatan sebelum beredar. Beliau pun menyarankan untuk membeli pulse oximeter fisik yang lebih terpercaya.

 

 

Link Sumber

https://www.idntimes.com/tech/trend/alfonsus-adi-putra-2/cek-fakta-aplikasi-ukur-o2-dan-denyut-nadi

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...