[Hoax] “Lembar Tagihan BPJS Kesehatan dalam Format APK”

31 Januari 2023 | 538 Kali | Dedi Kerta Sujaya

“Lembar Tagihan BPJS Kesehatan dalam Format APK”

Penjelasan :

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya informasi tagihan peserta BPJS Kesehatan yang disertai lampiran dokumen dengan format Android Package Kit (APK) dengan nama “LEMBAR TAGIHAN Instal.apk” merupakan konten tiruan.

Faktanya, BPJS Kesehatan memastikan tidak pernah menagih peserta atau masyarakat dalam bentuk APK tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, BPJS Kesehatan mengingatkan kepada masyarakat agar terhindar dari berbagai modus penipuan yang mencatut BPJS Kesehatan. Terbaru, modus penipuan dilakukan melalui pesan berisikan tagihan BPJS Kesehatan yang dikirimkan kepada masyarakat.

“Selain itu, jika sobat mendapatkan pesan berupa informasi tunggakan BPJS Kesehatan dan disertai dengan lampiran berupa aplikasi atau APK atau juga link, jangan dibuka dan jangan diinstal. BPJS Kesehatan hanya memberikan pesan pengingat tunggakan tanpa disertai lampiran file seperti yang disebutkan,” ujar tim BPJS Kesehatan melalui akun TikTok @bpjskesehatan_ri, Senin (30/1/2023).

Link Sumber

https://money.kompas.com/read/2023/01/30/132413026/waspada-penipuan-bermodus-tagihan-bpjs-kesehatan-lewat-file-apk

https://www.tiktok.com/@bpjskesehatan_ri/video/7182822422259830021

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...