[Hoax] BBC Indonesia Mempromosikan Obat Prostatitis

04 Oktober 2023 | 237 Kali | Dedi Kerta Sujaya

BBC Indonesia Mempromosikan Obat Prostatitis

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan video Prof. dr. Chaidir Arif Mochtar, SpU(K), PhD dengan artikel berjudul “2023 MENUNJUKKAN REKOR JUMLAH PRIA DENGAN PROSTATITIS DI INDONESIA. FAKTA MENAKUTKAN DAN PENDEKATAN BARU UNTUK MEMECAHKAN MASALAH SEKALI DAN UNTUK SELAMANYA! WAWANCARA DENGAN DR. CHAIDIR ARIF MOCHTAR”. Pada artikel tersebut juga terdapat logo BBC Indonesia.

Faktanya, video dan artikel yang menggunakan logo BBC Indonesia serta mempromosikan obat prostatitis atau peradangan pada kelenjar prostat merupakan hoaks. Pada situs bbc.com dan akun Facebook resmi milik BBC Indonesia tidak ditemukan artikel seperti yang ada pada unggahan yang beredar. Selain itu, video yang diunggah merupakan hasil manipulasi dengan cara menjadikan foto Prof. dr. Chaidir Arif Mochtar, SpU(K), PhD seolah bergerak dan berbicara. Foto yang asli salah satunya dimuat pada situs urologirscm.com.

Link Sumber

https://www.bbc.com/indonesia

https://www.facebook.com/BBCNewsIndonesia

https://urologirscm.com/dokter-kami-profil

https://turnbackhoax.id/2023/10/04/salah-bbc-indonesia-mempromosikan-obat-prostatitis/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...