[Hoax] KLB Polio Disebabkan Vaksin Polio Tipe-2

22 Juli 2024 | 74 Kali | Alit

KLB Polio Disebabkan Vaksin Polio Tipe-2

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Instagram yang mengeklaim pemberian vaksin polio tipe-2 kepada anak-anak justru dapat memicu adanya wabah penyakit polio di Indonesia.

Faktanya, dilansir dari tirto.id, klaim tersebut adalah tidak benar. Dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan RI dr. Prima Yosephine, M.K.M, menjelaskan bahwa dalam rangka penanggulangan KLB (Kejadian Luar Biasa) dan pencegahan meluasnya transmisi virus polio. Sejumlah pihak, termasuk Komite Imunisasi Nasional (KIN), Komite Ahli Surveilans PD31, WHO (world health organization), dan UNICEF (united nations international children's) justru merekomendasikan adanya pemberian imunisasi tambahan polio secara masal dan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Imunisasi polio lengkap diberikan melalui kombinasi dua jenis imunisasi polio, yaitu imunisasi polio tetes dan imunisasi polio suntik agar terbentuknya kekebalan yang optimal. Vaksin yang akan digunakan adalah vaksin polio tetes novel Oral Polio vaccine Type 2 (nOPV2). Melalui situs resminya www.who.int, WHO menyebut bahwa cakupan vaksinasi yang kurang optimal dapat meningkatkan risiko penularan dan berdampak pada kesehatan manusia.

 

Link Sumber

https://tirto.id/hoaks-klb-polio-disebabkan-oleh-vaksin-polio-tipe-2-g1QV

https://www.youtube.com/live/FFz9OlcM9GA

https://www.who.int/emergencies/disease-outbreak-news/item/2024-DON500

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...