[Hoax] Video Pria yang Mengeluarkan Lendir Yang Diduga Pasien Covid-19

29 April 2020 | 3739 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Pria yang Mengeluarkan Lendir Yang Diduga Pasien Covid-19

Penjelasan :

Viral sebuah video di Youtube yang berdurasi 60 detik memperlihatkan seorang petugas medis tengah menunjukkan lendir berwarna pekat yang diambil dari saluran pernapasan seorang pasien. Dalam narasi di video itu disebutkan bahwa lendir kental yang keluar dari mulut sang pasien diakibatkan oleh Virus Corona atau COVID-19.

Faktanya, Video tersebut adalah seorang pasien bapak-bapak yang menderita penyakit paru-paru. Dikonfirmasi melalui sang anak, Sidi Wirasmo Soedarjono mengatakan bahwa ayahanda bukan pasien Corona, melainkan pasien kanker paru. Sang ayah pun sudah meninggal pada Agustus 2019 lalu. Jadi, terkait video viral yang menyebutkan bahwa ayah dari Sidi yang batuk mengeluarkan lendir diduga terdampak Corona adalah tidak benar alias hoaks.

 

Link Sumber

https://www.liputan6.com/health/read/4240212/hoaks-video-viral-pria-mengeluarkan-lendir-yang-diduga-pasien-covid-19#

https://www.suara.com/news/2020/04/28/145112/video-penampakan-lendir-pasien-corona-krishna-murti-ngaku-mual-dan-ngeri

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...