[Disinformasi] Ramalan Film "Captain America" tentang Covid-19

13 Juni 2020 | 855 Kali | Toni Aryadi

Ramalan Film

Penjelasan :

Beredar narasi di media sosial bahwa virus Corona atau Covid-19 yang mewabah sejak akhir 2019 telah diprediksi oleh film "Captain America". Klaim tersebut muncul setelah salah satu adegan dalam film "Captain America" menampilkan gambar pada papan reklame yang disebut-sebut merupakan gambar bentuk virus Corona. 

Faktanya klaim Film "Captain America" telah meramal pandemi Covid-19 adalah tidak benar. Dikutip dari Snopes.com, film "Captain America" ??tidak memprediksi pandemi COVID-19. Gambar yang diklaim sebagai  “image of a 'coronavirus'" yang dilingkari di sebelah kanan sebenarnya adalah sebuah iklan pasta Barilla. Ini merupakan cuplikan dari film  "Captain America" tahun 2011 yang dapat dilihat pada menit 2:07 dalam video spoiler yang diunggah di akun Youtube. 

Link Sumber

https://www.snopes.com/fact-check/captain-america-coronavirus-pandemic/

https://www.youtube.com/watch?v=gZa82Xz1nys

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...