[Hoax] Ikan Siluman Tertangkap di Laut Cina Selatan

21 September 2020 | 1008 Kali | Toni Aryadi

Ikan Siluman Tertangkap di Laut Cina Selatan

Penjelasan :

Beredar di media sosial Facebook sebuah postingan video ikan siluman tertangkap di laut Cina Selatan disertai narasi "Menurut saya ini jenis ikan siluman. TV Vietnam melaporkan bahwa seekor ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan. Dengan tangan, dada dan perut sama menyerupai manusia. Para nelayan ketakutan dengan keringat dingin. Sekarang telah diserahkan ke departemen penelitian ilmiah untuk melihat apakah itu adalah makhluk atau spesies mutan yang belum pernah ditemukan manusia. Dunia nyata sedang berubah..".

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa video yang menyebut stasiun televisi Vietnam melaporkan bahwa seekor ikan humanoid ditangkap di Laut Cina Selatan adalah hoaks. Faktanya, hasil penelusuran tersebut mengarahkan ke situs thenewsfact.com, dalam artikel berjudul: "VIRAL: Human Like Fish Found in Vizag Sea is Fake | Watch Video" ikan aneh itu merupakan karya seni patung animatronik yang dibuat oleh seorang seniman kayu asal Myanmar.

Link Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4360614/cek-fakta-tidak-benar-ikan-siluman-tertangkap-di-laut-cina-selatan

https://www.thenewsfact.com/human-like-fish-found-vizag-sea-watch-video/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...