[Hoax] Video Aliran Lahar Dingin Gunung Semeru

05 Desember 2020 | 649 Kali | Toni Aryadi

Video Aliran Lahar Dingin Gunung Semeru

Penjelasan :

Beredar unggahan video di media sosial Twitter yang memperlihatkan aliran lahar dingin hingga memutus akses jalan beraspal. Pengunggah menyebutkan video itu merupakan aktivitas lahar dingin yang terjadi pada hari Kamis, 3 Desember 2020 akibat letusan Gunung Semeru.

Faktanya, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat membantah informasi tersebut. Ia mengatakan bahwa video yang beredar tersebut bukan di kawasan Gunung Semeru. Sarif menduga, aliran lahar dingin yang memutus jalan seperti di dalam video itu merupakan kejadian di luar negeri. Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi mengungkapkan hal yang sama. Wawan menegaskan bahwa informasi itu merupakan kabar hoaks. Hadi menuturkan, aliran lahar dingin sisa material letusan Gunung Semeru memang terjadi pada Kamis (3/12/2020). Namun, tidak seperti yang digambarkan dalam video tersebut.

Link Sumber

https://www.kominfo.go.id/content/detail/31300/hoaks-video-aliran-lahar-dingin-gunung-semeru/0/laporan_isu_hoaks

https://regional.kompas.com/read/2020/12/04/20300761/video-hoaks-aliran-lahar-dingin-gunung-semeru-beredar-di-medsos

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...