[Disinformasi] Video Antrean Pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet

09 Januari 2021 | 685 Kali | Alit

Video Antrean Pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet

Penjelasan :

Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan antrean orang-orang yang keluar dari sebuah gedung. Unggahan tersebut disertai narasi yang mengklaim bahwa video itu adalah suasana di dalam Wisma Atlet yang selama ini dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Jakarta. 

Faktanya, berdasarkan penelusuran Antaranews.com, diketahui video singkat tersebut bukan diambil di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, melainkan di Malaysia. Dari video tersebut, terlihat beberapa kata Melayu yang digunakan oleh Malaysia seperti kata amaran yang artinya peringatan, dan juga tulisan "kaunter pertanyaan". Dalam video itu juga terdengar suara seorang perempuan yang berbicara dalam bahasa Melayu. Dikutip dari laman Megapolitan Kompas.com, Komandan RSD Wisma Atlet, Letnan Kolonel Laut drg M Arifin juga membantah informasi yang beredar tersebut. Arifin menegaskan bahwa itu bukan di Wisma Atlet, dan kondisi di rumah sakit Wisma Atlet berbeda jauh dengan yang ada di video tersebut.

 

 

Link Sumber

https://www.antaranews.com/berita/1935160/hoaks-video-antrean-di-wisma-atlet

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/01/08/18025101/hoaks-video-antrean-pasien-covid-19-di-rs-wisma-atlet

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...