[Hoax] Akun Media Sosial Facebook atas nama Ariawan Komang dikloning

19 Januari 2021 | 757 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Akun Media Sosial Facebook atas nama Ariawan Komang  dikloning

Penjelasan :

Admin menerima pengaduan insiden siber di akun media sosial Facebook dari salah satu pegawai yang bertugas di Satpol PP Kab. Buleleng atas nama Komang Ariawan. Modus yang dialami akun facebook nya di kloning/dibuat mirip dengan facebook miliknya dan juga menggunakan foto miliknya yg diambil di akun facebook aslinya. Akun palsu ini dibuat, lalu menambahkan teman-teman yg ada di akun asli miliknya. Modus yang  dilancarkan adalah mengirim messege/chat, berkata-kata kasar dan menjelek-jelekan teman yang di chat.

Atas kejadian itu sudah menimbulkan kegaduhan dan pencemaran nama baik, seolah-olah yang bersangkutan yang melakukan chat tersebut.Langkah preventif pertama yang dilakukan bidang Persandian dan Statistik melalui Tim Cyber Incident Response Team (CIRT) nya, dengan melakukan klarifikasi juga melalui media sosial agar tidak ada teman yang berteman dengan akun tersebut dan masyarakat yang mengenal bersangkutan merasa dirugikan.

 

Link Sumber

https://www.facebook.com/satgascirt.bulelengkab.5/posts/448224906367788

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...