[Disinformasi] Demi Mudik Orang Madura Berenang dengan Alat Seadanya

07 Mei 2021 | 519 Kali | Alit

Demi Mudik Orang Madura Berenang dengan Alat Seadanya

Penjelasan :

Beredar sebuah foto yang menampilkan sejumlah orang sedang berenang di laut dengan latar belakang sebuah jembatan besar. Foto itu disertai keterangan yang menyebutkan aksi nekat orang Madura yang mudik dengan berenang menyeberangi laut menggunakan alat seadanya.

Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa foto tersebut merupakan aksi nekat pemudik di Madura adalah salah. Faktanya, melalui akun instagram resmi Gubernur Jawa Timur, Kho?fah Indar Parawansa memposting foto serupa dengan keterangan aksi para prajurit TNI Angkatan Laut (AL) saat melintasi selat Madura dari Surabaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-15 Pasmar-1  TNI  AL  pada  tahun  2016.  Dalam unggahannya Kho?fah juga mengingatkan jika ada pihak yang menarasikan foto tersebut sebagai aksi pemudik yang nekat menyeberangi Selat Madura, bisa dipastikan sebagai hoaks atau berita palsu.

 

Link Sumber

https://www.instagram.com/p/COjseM-hzdj/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...