[Hoax] Video Kerumunan Pemudik di Jalur Sukabumi-Cianjur

09 Mei 2021 | 601 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Kerumunan Pemudik di Jalur Sukabumi-Cianjur

Penjelasan :

Beredar video melalui aplikasi TikTok yang diklaim merupakan kemacetan yang terjadi saat arus mudik tahun 2021. Namun, di aplikasi percakapan video tersebut berkembang menjadi pesan berantai yang disertai narasi "Cikampek arah perbatasan cikarang macet parah. Video direkam jam 16.16 tadi..berarti sampai saat ini masih macet, covid bakal panen..mengerikan..jaga kesehatan yah teman2 semua". Selain itu, terdapat juga narasi berbeda dengan video berdurasi 14 detik yang sama yakni, "Perbatasan Sukabumi-Cianjur hari ini...mengerikan. mirip india wkt festival khumbela Tidak Mendengarkan Peringatan Presiden Kita".

Berdasarkan penelusuran, klaim kemacetan yang terjadi saat arus mudik tahun 2021 tersebut adalah keliru. Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang baru diunggah kembali. Video tersebut adalah para pekerja yang baru pulang di Jalur Sukabumi–Cianjur. Akun Instagram @humaspolda.jabar telah mengklari?kasi berita tersebut dan mengingatkan agar masyarakat tidak percaya begitu saja dengan informasi yang beredar di media sosial.

 

Link Counter:

 

 

Link Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4553511/cek-fakta-tidak-benar-video-yang-diklaim-kemacetan-akibat-pemudik

https://www.instagram.com/p/COmAE9lDIhB/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...