[Disinformasi] Rasa Umami Ajinomoto Mengandung Tulang Babi

27 Agustus 2021 | 698 Kali | Alit

Rasa Umami Ajinomoto Mengandung Tulang Babi

Penjelasan :

Telah beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan kolase foto mengenai rasa umami pada bumbu masakan Ajinomoto. Salah satu foto memperlihatkan gambar daging babi dari situs Umami Infomation Center. Foto kedua memperlihatkan kemasan Ajinomoto yang terdapat tulisan "Umami Seasoning". Adapun narasi pada unggahan tersebut tertulis "Umami: Campuran tulang BABI..? Silahkan mikir sendiri az..". 

Faktanya, klaim yang mengatakan bahwa Ajinomoto mengandung campuran tulang babi adalah salah. Umami merupakan rasa dasar kelima yang ditemukan peneliti tahun 80an. Merujuk situs Umami Information Center, Umami adalah rasa kelima, bergabung dengan manis, asam, asin dan pahit atau dikenal dengan rasa gurih. Rasa umami dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan yang mengandung asam amino glutamat. PT. Ajinomoto Indonesia dan Inavoga Indonesia selaku produsen bumbu umami pernah menggelar acara webinar dengan tema 'Peran Bumbu Umami Sebagai Strategi Menyusun Menu Sehat untuk Keluarga'. Dalam kesempatan itu, Guru Besar Keamanan & Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ahmad Sulaeman mengungkapkan bagaimana bumbu umami dapat mendukung dalam strategi menyusun makanan sehat, lezat, dan bergizi seimbang untuk tetap fit. Selain itu, PT. Ajinomoto Indonesia menyatakan bahwa mereka telah melakukan sertifikasi halal ulang dari Majelis Ulama Indonesia untuk produk-produk mereka.

 

Link Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Rb1zy0dk-cek-fakta-ajinomoto-dikabarkan-mengandung-tulang-babi-begini-faktanya

https://www.suara.com/news/2021/08/26/140254/cek-fakta-benarkah-bumbu-umami-terbuat-dari-campuran-tulang-babi?page=all

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...