[Disinformasi] Video Fenomena Bola Petir Melintas di Rel Kereta Api

11 November 2021 | 560 Kali | Edy Krisna

Video Fenomena Bola Petir Melintas di Rel Kereta Api

Penjelasan :

Beredar viral sebuah video yang diklaim sebagai rekaman fenomena bola petir berwarna biru melintasi rel kereta api. Dalam postingan disebutkan bahwa bola api tersebut berbahaya dan dapat meledak.

Faktanya,video yang diklaim sebagai penampakan fenomena bola petir tersebut adalah hasil editan. Dilansir dari liputan6.com, berdasarkan hasil penelusuran ditemukan video serupa berjudul “The Proof Is Out There: Unexplained Lightning  Phenomenon  Caught  On Camera (Season 1) | History” yang tayang di channel History pada 14 Januari 2021. Dalam video tersebut terdapat wawancara dengan Andrei Trukhonovets selaku orang yang pertama kali mengunggah video tersebut pada akun YouTubenya pada 27 Mei 2019. Dalam wawancara, Andrei menjelaskan bahwa dirinya membuat video itu di komputer menggunakan sebuah software. Ia juga mengaku tidak menyangka jika video itu akan menjadi viral.

Link Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4707500/cek-fakta-hoaks-video-bola-petir-melin tas-di-rel-kereta-api

https://www.youtube.com/watch?v=IwR14D3NA8c

https://www.youtube.com/watch?v=1bBNeyrMOJE

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...