[Disinformasi] Video Penampakan Nanorobot dalam Vaksin Covid-19

28 Desember 2021 | 561 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Penampakan Nanorobot dalam Vaksin Covid-19

Penjelasan :

Beredar sebuah video rekaman benda mirip sel-sel bergerak di atas sebuah piring. Unggahan video tersebut disertai keterangan yang menyebutnya sebagai penampakan nanorobot yang terdapat di dalam vaksin Covid-19.

Faktanya, gambar sel bergerak tersebut bukanlah penampakan nanorobot dalam vaksin. Dilansir dari AFP, video yang sama pernah diposting dalam sebuah laporan oleh majalah sains The New Scientist yang berbasis di London pada 29 November 2021. Laporan tersebut berjudul "Robot hidup yang terbuat dari sel katak dapat mereplikasi diri mereka sendiri dalam sebuah piring". Laporan itu merupakan hasil pekerjaan para peneliti AS yang menciptakan robot hidup dari sel katak yang dapat bereproduksi. Lebih lanjut, Michael Levin, Profesor Universitas Tufts yang juga terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa penelitian itu sama sekali tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk memahami bagaimana kelompok sel membuat keputusan tentang apa yang akan mereka bangun, sehingga suatu hari nanti kita dapat membuat obat regeneratif dan membantu orang dengan organ yang rusak untuk memperbaikinya.

 

 

 

Link Sumber

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9V679K-1

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...