[Hoax] Video Arus Mudik Balik di Indonesia Perlihatkan Lampu Kendaraan Berwarna Merah Putih

16 Mei 2022 | 561 Kali | Alit

Video Arus Mudik Balik di Indonesia Perlihatkan Lampu Kendaraan Berwarna Merah Putih

Penjelasan :

Sebuah video telah beredar dari media sosial Tiktok yang menampilkan barisan mobil di jalan raya dengan kombinasi warna lampu merah putih menyerupai bendera Indonesia. Video ini diklaim merupakan video arus mudik balik di Indonesia pasca libur lebaran.

Namun menelusuri lebih lanjut mengenai kebenaran hal tersebut, didapati sebuah fakta bahwa video tersebut bukan video arus mudik balik yang ada di Indonesia. Melansir dari artikel Pikiran Rakyat, video lampu-lampu mobil yang menampikan kombinasi warna merah putih merupakan video yang berasal dari negara Malaysia.

Kombinasi warna merah dan putih yang tampak dari atas disebabkan karena perpaduan antara lampu rem kendaraan berwarna merah dan lampu utama kendaraan berwarna putih kekuningan, seperti membentuk bendera merah putih. Langit yang mulai gelap juga mendukung kejelasan perpaduan warna ini.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim video barisan mobil yang memancarkan cahaya merah dan putih seperti bendera Indonesia berasal dari arus mudik balik di Indonesia merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Link Sumber

https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-122934096/viral-ribuan-mobil-terjebak-macet-pancaran-lampu-membentuk-bendera-indonesia

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...