[Disinformasi] Vaksin Covid-19 AstraZeneca Sebabkan Munculnya Cacar Monyet

14 Juni 2022 | 482 Kali | Alit

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Sebabkan Munculnya Cacar Monyet

Penjelasan :

Beredar sejumlah unggahan di media sosial Facebook dan Twitter berisi klaim yang mengaitkan kasus cacar monyet dengan Vaksin AstraZeneca. Vaksin AstraZeneca disebut mengandung vektor adenovirus simpanse yang menyebabkan munculnya cacar monyet.

Dikutip dari periksafakta.afp.com, klaim Vaksin AstraZeneca menyebabkan munculnya cacar monyet karena mengandung vektor adenovirus simpanse adalah tidak benar. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford menggunakan vektor adenovirus simpanse yang sudah dilemahkan dan telah diubah sehingga tak bisa menginfeksi manusia maupun bereplikasi.  Vektor adenovirus simpanse yang telah dilemahkan tersebut berfungsi mengantarkan instruksi genetik ke dalam tubuh manusia. Hal inilah yang akan memicu respons imun dalam tubuh sehingga tubuh siap melawan virus saat terjadi infeksi.

Link Sumber

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32C92QG

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...