[Hoax] Link Pendaftaran Bantuan PKH Tahap Tiga

24 Agustus 2022 | 579 Kali | Alit

Link Pendaftaran Bantuan PKH Tahap Tiga

Penjelasan :

Beredar sebuah pesan berantai yang menampilkan link pendaftaran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) fiktif dengan alamat situs pkh38.my.id dan bertujuan untuk mencuri data pribadi. Link tersebut beredar di grup aplikasi pesan WhatsApp dan Telegram.

Dilansir dari pkhpati.com, penetapan penerima bantuan PKH ada mekanisme pendataannya tersendiri. Mekanisme tersebut diawali dengan usulan yang dibahas dalam forum musyawarah desa yang melibatkan RT/RW/perangkat desa/LKMD/BPD/dll. Hasil musyawarah desa kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) Kementerian Sosial (Kemensos) untuk dilakukan pengesahan oleh bupati atau wali kota melalui Dinas Sosial dan dilakukan penetapan oleh Kemensos. Masyarakat diimbau agar tidak membuka, mengisi formulir dengan identitas pribadi, dan menyebarkan kembali link pendaftaran PKH fiktif yang beredar.

Link Sumber

https://www.pkhpati.com/2022/08/link-pendaftaran-pkh-tahap-3.html?m=1

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...