[Hoax] Bawang Merah Bisa Sembuhkan Gigitan Ular

26 September 2022 | 397 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Bawang Merah Bisa Sembuhkan Gigitan Ular

Penjelasan :

Akun Facebook Bang Imad-KaSeb memposting video berdurasi 55 detik pada 12 September 2022 pukul 05.43. Video tentang tips apabila digigit ular bisa sembuh ketika kita obati dengan bawang merah sudah mencapai 186 tayangan.

Setelah ditelusuri klaim bahwa bawang merah bisa menyembuhkan gigitan ular tidak benar. Berdasarkan artikel antaranews.com berjudul “Bawang merah atasi gigitan ular berbisa, ini penjelasannya” 19 Desember 2019 ditemukan informasi tersebut bukan langkah penanganan gigitan ular yang benar.

Menurut pakar gigitan ular berbisa, Tri Maharani, yang pertama kali harus dilakukan adalah tetap tenang lalu korban disarankan memasang bidai menggunakan kayu bambu atau kardus untuk mengurangi pergerakan pada bagian yang digigit ular. Lebih lanjut, dianjurkan untuk tidak menghisap, menyedot ataupun memijat lebih menyarankan segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dari pihak medis.

Dengan demikian informasi mengenai bawang merah bisa sembuhkan gigitan ular tidak benar, dan masuk ke dalam kategori konten menyesatkan.

Link Sumber

https://www.antaranews.com/berita/1216887/bawang-merah-atasi-gigitan-ular-berbisa-ini-penjelasannya

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...