[Hoax] Dokumen Resi Pengiriman dalam Format APK

14 Desember 2022 | 331 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Dokumen Resi Pengiriman dalam Format APK

Penjelasan :

Beredar pesan WhatsApp terkait informasi mengenai resi pengiriman yang dikirimkan oleh pihak yang mengatasnamakan J&T Ekspress. Dalam pesan tersebut dilampirkan dokumen dengan format APK. Tangkapan layar pesan tersebut juga viral di media sosial Twitter dan mendapat berbagai respon dari warganet.

Dikutip dari kompas.com, Public Relations J&T Express, Diego Prayoga angkat bicara terkait informasi yang mengatasnamakan perusahaan jasa kirim J&T itu. Ia menyebutkan bahwa informasi tersebut bukan berasal dari pihak J&T. Diego menambahkan, pelanggan J&T diharapkan bisa berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan pihak J&T.

Salah seorang web developer, Nikko Enggaliano melakukan analisis terhadap aplikasi scammer yang beredar tersebut. Didapatkan fakta bahwa aplikasi tersebut adalah tiruan dari aplikasi J&T Ekspress. Aplikasi akan meminta permission untuk mengakses SMS.

Ketika izin diberikan, maka semua isi SMS yang masuk akan dikirimkan ke server penyerang. Sehingga kode rahasia seperti kode OTP dan tautan reset password yang dikirimkan melalui SMS akan terkirim juga kepada pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Link Sumber

https://twitter.com/txtfrombrand/status/1598216922138836992?s=61&t=-MTQXDnS70GRrnakw05UIA

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/02/120200965/viral-unggahan-soal-dugaan-modus-penipuan-via-pengecekan-resi-format-apk?page=all

https://nikkoenggaliano.my.id/read.php?id=8

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...