[Hoax] Saluran Air di Jakarta Sengaja Disumbat agar Banjir

26 Desember 2022 | 267 Kali | Alit

Saluran Air di Jakarta Sengaja Disumbat agar Banjir

Penjelasan :

Beredar video di media sosial TikTok yang mengklaim bahwa ada perusahaan yang menerima tawaran pekerjaan untuk sengaja menyumbat saluran air di Jakarta sehingga kerap terjadi banjir. Pada video tersebut terdapat narasi mengenai adanya karung-karung besar diangkat dengan 2 truk besar dari dalam lubang manhole di depan Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta Pusat.

Faktanya, dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id, Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta mengklarifikasi bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Dari hasil pemeriksaan pada saluran air yang dimaksud, yakni di depan kantor PMI, Jakarta Pusat, tidak ditemukan adanya karung berisi pasir atau yang lainnya. Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan petugas keamanan yang bertugas di PMI dan diinformasikan bahwa dalam beberapa hari terakhir tidak ada pihak mana pun yang berkegiatan atau beraktifitas di depan Kantor PMI di Jalan Kramat Raya. Saluran air pun masih dalam keadaan aman dan lancar.

Link Sumber

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-SALURAN-AIR-DI-JAKARTA-SENGAJA-DISUMBAT-DENGAN-TUMPUKAN-KARUNG-AGAR-BANJIR

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...