[Hoax] Mencampur Urine dengan Garam dapat Mendeteksi Kehamilan

05 Januari 2023 | 272 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Mencampur Urine dengan Garam dapat Mendeteksi Kehamilan

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa kehamilan dapat dideteksi dengan cara mencampur urine dengan garam. Dalam narasi dikatakan jika garam dan urine berubah warna dan terdapat busa gelembung dalam dua menit, maka hasil menunjukkan positif hamil.

Faktanya, dilansir dari Agence France-Presses (AFP), tes kehamilan di rumah dilakukan dengan cara mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine. Pendeteksian hormon tersebut tidak bisa dengan menggunakan garam yang dicampurkan dengan urine sehingga menimbulkan reaksi kimia seperti yang dijelaskan dalam unggahan tersebut. Dokter kandungan-ginekologi dari Rumah Sakit Umum Filipina Dr. Maria Julieta Germar mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan mencampur urine dan garam dapat mendeteksi kehamilan. Lebih lanjut, dilansir dari alodokter.com, hormon hCG dalam urine bisa dideteksi dengan menggunakan Test Pack Strip.

Link Sumber

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32YW2K7

https://www.dream.co.id/stories/cek-fakta-mencampur-air-urine-dan-garam-dapat-mendeteksi-kehamilan-2301045.html

https://www.alodokter.com/tips-dan-cara-menggunakan-test-pack-untuk-hasil-lebih-akurat

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...