[Hoax] Dana Haji Tidak Diaudit karena Uangnya Habis

15 Juni 2021 | 2554 Kali | Alit

Dana Haji Tidak Diaudit karena Uangnya Habis

Penjelasan :

Telah beredar sebuah narasi yang menyebutkan pemerintah tidak berani mengaudit dana haji dikarenakan uang jemaah yang terkumpul sudah habis.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, klaim dana haji tidak diaudit karena dananya habis adalah salah. Dilansir dari akurat.co, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan laporan keuangan BPKH diaudit secara rutin oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) "Banyak juga yang membuat tagar 'Dana Haji Diaudit'. Sebagai lembaga negara kami ini sudah rutin diaudit, sejak di Kementerian Agama dana haji selalu diaudit oleh BPK, dan kebetulan mulai 2017-2018 dan sampai sekarang itu diaudit oleh BPK, baik itu audit tahunan maupun semester, bahkan ada audit khusus," paparnya. Dapat disimpulkan bahwa dana haji rutin diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setiap tahunnya.

Link Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzVnpgb-cek-fakta-dana-haji-tidak-diaudit-karena-uangnya-habis-ini-faktanya

https://akurat.co/tenang-mulai-2017-ternyata-bpk-selalu-audit-dana-haji?page=1

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Dana-Haji-Tidak-Diaudit-Karena-Uangnya-Habis

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...