[Hoax] Kopi Hitam Obat Step atau Kejang

25 Januari 2023 | 275 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Kopi Hitam Obat Step atau Kejang

Penjelasan :

Sebuah akun Facebook mengunggah foto kopi hitam dengan memberikan klaim bahwa kopi hitam adalah obat step dan kejang.

Setelah ditelusuri turnbackhoax.id pernah membahas klaim senada yang berjudul “[SALAH] Bayi Diberi Minum Kopi Untuk Cegah Kejang” pada 17 September 2019. Artikel tersebut menjelaskan bahwa Praktisi Kesehatan Anak, dr Wiyarni Pambudi, SpA, mengatakan informasi itu tidak benar (hoax). Pemberian kopi pada bayi dapat menyebabkan jantung bayi berdebar cepat yang disebut dengan Takikardia.

dr Reisa Broto Asmoro melalui akun twitter pribadinya menjelaskan bahwa memberi kopi saat anak kejang sama sekali tidak membantu. Malahan, memberi kopi pada anak bisa mengacaukan metabolisme tubuh yang masih belum sempurna. dr Reisa juga memberikan saran untuk penanganan yang harus dilakukan saat anak kita kejang, antara lain hindari memasukkan apapun ke dalam mulut anak, hindari menahan kaki atau tangan anak dengan paksa saat kejang karena dapat menimbulkan patah tulang, longgarkan pakaian anak jika terlalu ketat, terutama di bagian leher, dan amati berapa lama kejang terjadi dan apa yg terjadi saat kejang sbg data dokter untuk pemeriksaan.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim kopi hitam dapat menjadi obat step atau kejang adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2023/01/25/salah-kopi-hitam-obat-step-atau-kejang/?fbclid=IwAR1_3AwovgtrQSdD-phBRIAclhBlXzDiMcbday7IsxgLrKXizZp5mn0Elu8

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...