[Hoax] Meninggal karena Makan Mi dan Cokelat secara Bersamaan

15 Februari 2023 | 275 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Meninggal karena Makan Mi dan Cokelat secara Bersamaan

Penjelasan :

Beredar kembali klaim tentang bahaya memakan cokelat setelah memakan mi instan. Akun Facebook bernama Ahmad Hamid membagikan klaim tersebut pada 13 Februari 2023. Klaim tersebut menceritakan seorang gadis meninggal mendadak dengan kelima panca inderanya mengeluarkan darah, hal tersebut dikarenakan racun akibat makanan. Klaim tersebut menjelaskan bahwa mi instan mengandung Arsenic Pentoxide, dan ketika dicampur dengan cokelat berubah menjadi Arsenic Trioxide yang sangat beracun.

Faktanya, klaim tersebut sudah beredar sejak tahun 2017. Turnbackhoax.id pernah membahas klaim tersebut dengan judul ” (HOAX) Makan Mie dan Cokelat Berbahaya” pada 10 Maret 2017. Tidak hanya itu muncul kembali hoaks serupa dan di klarifikasi pada 17 Agustus 2018 dengan judul “[SALAH] Makan Cokelat Setelah Makan Mie Goreng Berakibat Kematian”. Terakhir klarifikasi serupa juga dibahas dalam artikel berjudul “[SALAH] Bahaya Makan Cokelat setelah Makan Mie” pada 30 Januari 2022.

Ketiga artikel menjelaskan bahwa mi instan aman untuk dikonsumsi jika setelahnya memakan cokelat. Berdasarkan laman Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta, zat arsenic pentoxide tidak terkandung dalam mie instan. Hal tersebut sudah dipastikan dalam uji laboratorium. Dengan begitu, mie instan aman untuk dimakan dan tidak ada reaksi apapun bila setelahnya memakan cokelat.

Berdasarkan penelusuran, Arsenic Pentoxide merupakan senyawa anorganik yang tinggi kandungan racun, sehingga hanya diaplikasikan hanya ke beberapa produk komersial dan tidak terdapat pada makanan. Leona Victoria Djajadi, MND seorang ahli gizi, menyebutkan bahwa informasi ini hoax, tidak benar jika disebutkan makan cokelat setelah makan mi bisa memicu keracunan, bahkan sampai meninggal mendadak. Menurutnya, efek samping yang timbul justru lebih ke arah obesitas. Sebab baik mi maupun cokelat diketahui memiliki kalori yang cukup tinggi.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2023/02/15/salah-meninggal-karena-makan-mi-dan-cokelat-secara-bersamaan/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...