[Hoax] Banyak Orang Meninggal Akibat Memakan Ikan yang Terkontaminasi HIV

23 Maret 2023 | 217 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Banyak Orang Meninggal Akibat Memakan Ikan yang Terkontaminasi HIV

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di Facebook dalam bahasa Filipina yang mengeklaim bahwa banyak orang meninggal sesudah mengonsumsi ikan. Dalam unggahan tersebut juga disebutkan jumlah orang meninggal dari berbagai daerah di Filipina. Dikabarkan bahwa ikan yang dikonsumsi tersebut telah terkontaminasi oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) karena tabung rumah sakit dengan HIV dibuang ke laut. Dalam unggahan juga disebutkan bahwa pesan tersebut diteruskan dari Departemen Kesehatan Filipina.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa penularan HIV melalui konsumsi ikan sehingga dapat menyebabkan manusia meninggal. Selain itu, HIV tidak dapat ditularkan dari makanan yang terkontaminasi. Mengutip dari laman AFP, Departemen Kesehatan Filipina membantah telah menyebarkan pesan yang tidak benar tersebut.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2023/03/20/salah-banyak-orang-meninggal-akibat-memakan-ikan-yang-terkontaminasi-hiv/

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33A86W4?

https://www.hiv.gov/hiv-basics/overview/about-hiv-and-aids/how-is-hiv-transmitted

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...