[Disinformasi] Sejumlah Sapi di Italia Mati setelah Divaksinasi Covid-19

13 Juni 2023 | 238 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Sejumlah Sapi di Italia Mati setelah Divaksinasi Covid-19

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video rekaman yang menampilkan sejumlah sapi sakit dan mati di Italia. Kejadian tersebut dikaitkan dengan vaksin Covid-19 yang diberikan kepada sapi-sapi tersebut.

Dilansir dari Agence France-Presse (AFP), klaim yang menyebut bahwa terjadi kematian sejumlah sapi di Italia akibat diberi vaksin Covid-19 adalah salah. Faktanya, rekaman asli kejadian tersebut pernah diterbitkan dalam sebuah artikel dari english.alsiasi.com yang meliput insiden kematian sapi-sapi tersebut pada Agustus 2022 di Barat Laut Italia. Pada saat itu terdapat sekitar 50 sapi Piedmont di sebuah peternakan di Sommariva del Bosco, dekat Kota Turin yang mati karena keracunan asam prusik akut yang memiliki nama lain hidrogen sianida. Stefano Giantin, dokter hewan di Istituto Zooprofilattico Sperimentale yang menangani kasus tersebut menegaskan bahwa sapi-sapi itu tidak pernah menerima vaksin Covid-19.

Link Sumber

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33HG683

https://english.alsiasi.com/drought-blamed-for-dozens-of-cow-poisoning-deaths-in-northwest-italy/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...