[Disinformasi] Karyawan Pfizer Diberi Vaksin Covid-19 Khusus

16 Agustus 2023 | 182 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Karyawan Pfizer Diberi Vaksin Covid-19 Khusus

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook disertai keterangan yang menyebut bahwa karyawan produsen Vaksin Covid-19 Pfizer dituding menerima vaksin khusus dan berbeda dengan yang diluncurkan ke publik.

Dilansir dari kompas.com, klaim atas video tersebut adalah tidak benar. Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa video tersebut merupakan potongan dari rekaman Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Parlemen Australia dengan perwakilan dari Pfizer Australia dan Departemen Kesehatan serta Perawatan Lansia Pemerintah Australia pada 3 Agustus 2023. Dalam sesi RDP tersebut, perwakilan dari Pfizer menjelaskan bahwa pasokan vaksin khusus untuk karyawan mereka dimaksudkan agar tidak mengambil stok vaksin yang diperuntukkan bagi pemerintah dan masyarakat umum. Dari segi komposisi vaksinnya, baik yang diberikan kepada karyawan Pfizer maupun masyarakat umum, keduanya adalah jenis vaksin yang identik tanpa perbedaan sebagaimana narasi yang beredar.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/08/11/173200982/-hoaks-karyawan-pfizer-diberi-vaksin-covid-19-khusus?page=all

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Pfizer-Memberikan-Vaksin-COVID-19-Khusus-kepada-Karyawannya

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...