[Hoax] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kementerian Sosial Republik Indonesia

31 Agustus 2023 | 231 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kementerian Sosial Republik Indonesia

Penjelasan :

Beredar sebuah akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Akun tersebut bernomor 082111399907 dan memberikan informasi mengenai tata cara mendapatkan bantuan sosial dengan mengirimkan dokumen pribadi, seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), serta kode akses saat akan melakukan transaksi menggunakan mesin EDC.

Faktanya, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kemensos RI adalah tidak benar. Kemensos RI melalui akun Twitter resminya @KemensosRI, mengonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun palsu. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengirimkan data pribadi agar terhindar dari kebocoran atau pencurian data.

Link Sumber

https://twitter.com/KemensosRI/status/1696718937659252864?s=20

https://www.instagram.com/p/CwjZFxHRirU/?igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...