[Hoax] “Ibu Sri Mulyani saja ngajak milih: SATU!, Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA Salam satu jari”

15 Februari 2024 | 128 Kali | Dedi Kerta Sujaya

“Ibu Sri Mulyani saja ngajak milih: SATU!, Akhirnya Sri Mulyani sudah mencoblos di USA Salam satu jari”

Penjelasan :

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, yang nampak mengenakan baju kemeja berwarna putih dan mengacungkan satu jari yang diklaim sudah mencoblos di USA dan memberi kode 01 untuk paslon AMIN (Anies Baswedan – Cak Imin) merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, foto itu merupakan foto saat Sri Mulyani usai melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019 lalu di TPS Kota Tangerang Selatan bukan di USA seperti yang tertera di klaim.

Foto yang identik, dimuat di artikel berjudul “Harapan Sri Mulyani Usai Nyoblos: Semua Damai Lagi” yang terbit di situs detik.com pada 17 April 2019. Dilansir dari artikel ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memiliki harapan yang sangat mendalam usai menggunakan hak suaranya pada pemilihan umum capres dan cawapres, serta para calon legislatif. Harapan Sri Mulyani adalah tanah air menjadi damai kembali alias menjadi satu Indonesia.

“Tentu kita berharap setelah pemilihan ini kita semuanya damai jadi satu lagi jadi Indonesia,” kata Sri Mulyani di komplek Mandar Sektor 3A, Bintaro Jaya, Tangsel, Banten, Rabu (17/4)2019).

Selain itu, pada Pemilu 2024 Sri Mulyani sendiri pada Rabu (14/2/2024) telah melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 73 Jalan Mandar X Bintaro Sektor 3A, Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Momen tersebut juga diunggah langsung di akun Instagram resmi dari Sri Mulyani yang diunggah di 14 Februari 2024 pada sekitar pukul 11.

Berdasarkan pantauan Tirto, Sri Mulyani sendiri datang ke TPS sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan baju berwarna hitam, bukan baju berwarna putih seperti dalam klaim unggahan. Baju hitam ini juga sesuai dengan penampilan Menteri Sri Mulyani di foto di Instagram resminya. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani juga sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan terkait dukungan terhadap pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

 

Link Sumber

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4514066/harapan-sri-mulyani-usai-nyoblos-semua-damai-lagi

https://www.instagram.com/p/C3UBxBUpvOu/?img_index=4

https://tirto.id/hoaks-foto-sri-mulyani-nyoblos-di-as-dan-dukung-amin-gVTk

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...