[Hoax] Jokowi Perintahkan Menangkap Pendemo Pemilu 2024

17 Maret 2024 | 157 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Jokowi Perintahkan Menangkap Pendemo Pemilu 2024

Penjelasan :

Unggahan Instagram tersebut memperlihatkan pidato Presiden Jokowi meminta seluruh Kapolda,  Kapolres, jajaran Polres, dan Polsek semuanya untuk kejar ‘mereka’, tangkap ‘mereka’, hajar ‘mereka’, hantam ‘mereka’, kalau undang-undang memperbolehkan dor ‘mereka’.

Kemudian video tersebut juga disertai dengan kalimat “tidak akan ada demo jika sudah jurdil”. Berdasarkan hal tersebut, melalui hal tersebut penyebar video mengklaim jika kata ‘mereka’ yang dimaksud Presiden Jokowi dalam pidatonya tersebut merujuk pada orang-orang yang sedang melakukan aksi demo berkaitan dengan Pilpres 2024 ini.

Namun, tampaknya video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024 ini. Setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan video serupa yang diunggah oleh channel Youtube milik Kementerian Sekretariat Negara yang berjudul “Presiden Jokowi: Kejar Pengedar Narkoba! Tangkap! atau Bahkan di Dor Saja!” yang telah diunggah pada 27 Juni 2016 lalu.

Video itu memperlihatkan Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peringatan Hari Anti-Narkotika Internasional, di kawasan Kota Tua, Jakarta. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta agar aparat kepolisian dan Badan Narkotika Nasional mengambil langkah tegas terhadap pengedar narkoba. Langkah tegas itu tak hanya harus dilaksanakan di tingkat pusat tetapi juga di level daerah. Selain itu, aparat juga diminta tidak pandang bulu terhadap pengedar narkoba.

Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika ‘mereka’ yang dimaksud oleh Presiden Jokowi adalah para pengedar narkoba, video tersebut tidak ada kaitannya dalam hasil Pemilu 2024 ini sehingga klaim yang menggiring opini jika Presiden Jokowi memerintahkan kepolisian untuk menindak para pendemo tersebut tidak benar.

 

Link Sumber

https://www.youtube.com/watch?v=quXrsXK5nMQ

https://turnbackhoax.id/2024/02/26/salah-jokowi-menyuruh-membunuh-rakyatnya-sendiri/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...