[Hoax] Pertolongan Pertama Penyakit Stroke dengan Menusuk Jari

21 Mei 2024 | 74 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Pertolongan Pertama Penyakit Stroke dengan Menusuk Jari

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke dengan menusukkan jarum di ujung jari-jari.

Menyadur dari artikel Tempo,  Spesialis Neurologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem Situbondo, dr. M. Reza Fathoni, Sp.N mengatakan penyembuhan stroke tidak dapat dilakukan dengan cara menusuk ujung jari-jari pakai jarum, atau dengan sistem bekam dan fashdu. 

Langkah seperti fashdu bisa dilakukan jika tujuannya hanya untuk memperlancar peredaran darah. Jika untuk menyembuhkan, jelas salah. Sifatnya sampai sekarang di bidang kedokteran hanya terapi komplementer.

Terapi utama untuk stroke dengan memperhatikan faktor risiko stroke, yaitu menormalkan tekanan darah, kolesterol, kencing manis, karena ini penyebab terjadinya aterosklerosis yang merupakan cikal bakal terjadinya serangan stroke selanjutnya.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke dengan menusukkan jarum di ujung jari-jari adalah tidak benar. Faktanya langkah tersebut bisa dilakukan jika tujuannya hanya untuk memperlancar peredaran darah.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2893/keliru-video-berisi-klaim-pertolongan-pertama-penyakit-stroke-dengan-menusuk-jari

https://turnbackhoax.id/2020/11/01/salah-pertolongan-pertama-pada-stroke-dengan-tusuk-jari/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...