[Hoax] Cara Memeriksa Ponsel yang Disadap dengan Nomor *#21#

03 Juni 2024 | 81 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Cara Memeriksa Ponsel yang Disadap dengan Nomor *#21#

Penjelasan :

Akun Twitter @165Hati mengunggah video yang menjelaskan beberapa cara untuk mengetahui bahwa ponsel pernah terkena hack. Salah satu cara yang dijelaskan di video yaitu menghubungi nomor *#21#. Cuitan dan video yang diunggah pada 21 Mei tersebut telah disukai 1,600 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 600 kali, serta telah dilihat lebih dari 105,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, info itu adalah hoaks berulang. Melansir dari artikel berita Liputan 6, Pratama Persadha, Pakar Keamanan dan Kriptografi telah menyatakan bahwa nomor *#21# merupakan fitur call forwarding dan sebenarnya digunakan apabila telepon kita disambungkan ke saluran lain seperti PSTN, mailbox, dan sebagainya.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] “*#21# cara cek hp disadap”” dan dinyatakan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @165Hati merupakan konten yang menyesatkan.

Link Sumber

https://www.liputan6.com/tekno/read/4467097/hoaks-cara-cek-smartphone-disadap-dari-nomor-21-kembali-ramai-ini-penjelasannya?page=2

https://turnbackhoax.id/2021/01/25/salah-21-cara-cek-hp-disadap/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...