[Hoax] Profesor Tasuku Honjo Peraih Nobel Sebut Corona Direkayasa Cina

27 April 2020 | 616 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Profesor Tasuku Honjo Peraih Nobel Sebut Corona Direkayasa Cina

Penjelasan :

Beredar luas di media sosial sebuah artikel berisi tentang seorang peraih Nobel Kedokteran asal Jepang bernama Profesor Tasuku Honjo, yang mengklaim virus Corona bukan virus alami dan direkayasa Cina.

Dilansir daridunia.tempo.co yang mengutip dari situs pemeriksa fakta, Factly, telah memverifikasi artikel viral itu pada 25 April 2020 sebagai berita hoaks. Menurut Factly, tidak ada sumber yang dapat dipercaya yang mengaitkan klaim yang dibuat dalam unggahan hoaks dengan penerima Hadiah Nobel tersebut. Melalui interaksi terakhirnya dengan media, Tasuku Honjo menyatakan perlunya meningkatkan tes PCR untuk mendeteksi infeksi virus hingga lebih dari 10.000 per hari dan mendesak penduduk di tiga kota Jepang: Tokyo, Osaka, dan Nagoya, untuk menahan diri dari bepergian. Selain itu, klaim dalam artikel yang menyebut Tasuku Honjo pernah bekerja di laboratorium Wuhan di Cina selama 4 tahun juga salah. Adapun Tasuku Honjo saat ini memegang posisi Wakil Direktur Jenderal dan Profesor Terhormat di Kyoto University Institute for Advanced Study.

 

Link Sumber

https://dunia.tempo.co/read/1335884/artikel-peraih-nobel-sebut-corona-direkayasa-cina-adalah-hoaks

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...