[Hoax] Metode Pertolongan Pertama melalui Pelepasan Darah bagi Penderita Stroke

02 Juni 2022 | 599 Kali | Alit

Metode Pertolongan Pertama melalui Pelepasan Darah bagi Penderita Stroke

Penjelasan :

Beredar kembali postingan yang mengklaim metode pertolongan pertama melalui pelepasan darah pada penderita stroke, dengan cara menusukkan jarum pada jari jari hingga menarik daun telinga dan menusukknya dengan jarum.

Setelah ditelusuri klaim tersebut ternyata sudah pernah di bahas dalam Trunbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Pertolongan pertama pada stroke dengan tusukan jarum ke ujung setiap jari masing-masing atau bagian bawah daun telinga” pada 23 September 2019. Kemudian dengan judul “[SALAH] Pertolongan Pertama Pada Stroke Dengan Tusuk Jari” pada 1 November 2020.

Kedua artikel diatas menyatakan bahwa sejauh ini tidak ada penelitian seperti itu, tidak diketahui efektif atau tidaknya tindakan tersebut. Dokter spesialis saraf di Rumah Sakit St. Carolus, Jakarta, dr. Sigit Dewanto, Sp.S,FINS,FINA membantah cara pengobatan tersebut. Menurutnya, tidak benar mengobati orang yang terserang stroke dengan cara menusukkan jarum ke ujung jari hingga keluar darah.

“Tidak benar. Bahkan respons nyeri akibat tusukan jarum dapat meninggikan tekanan darah yang berisiko memperburuk stroke-nya,” tegas spesialis saraf dari FK Unika Atma Jaya, Dr.dr. Yuda Turana, Sp.S

Penanganan awal stroke adalah menjaga patensi jalan nafas dan kestabilan sirkulasi darah pasien. Jika pasien tidak sadar, pastikan pasien dalam lingkungan yang aman, baringkan pada tempat yang aman. Posisikan pasien dengan tubuh menghadap ke samping kiri, untuk mencegah masuknya cairan ke saluran pernafasan (recovery position). Segera panggil pertolongan untuk membawa pasien ke unit gawat darurat terdekat. Penanganan pasti dari stroke tergantung dari jenis stroke yang terjadi. Hal ini dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan dan MRI.

Dengan demikian informasi yang berisi tentang penanganan pertolongan pertama pada stroke dengan menusukkan jari dengan jarum adalah tidak benar dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2019/09/23/salah-pertolongan-pertama-pada-stroke-dengan-tusukan-jarum-ke-ujung-setiap-jari-masing-masing-atau-bagian-bawah-daun-telinga/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...