[Disinformasi] Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat tak Patuhi Aturan Pemerintah

29 April 2020 | 631 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat tak Patuhi Aturan Pemerintah

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang membagikan tautan artikel dengan judul "Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat tak Patuhi Aturan Pemerintah. "

Setelah ditelusuri, tautan artikel yang dikutip dari unggahan Facebook merupakan artikel yang disadur dari berita kompas.com yang berjudul “Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai” yang diunggah pada 24 April 2020. Artikel tersebut merupakan salinan dari isi artikel kompas.com namun judul diubah menjadi “Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat Tak Patuhi Aturan Pemerintah”. Selain itu gambar yang digunakan mengambil dari detik.com pada artikel yang berjudul “NasDem Ungkap Syarat Usung Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution” yang diunggah pada 31 Desember 2019. Faktanya, isi artikel pada unggahan itu tidak ada satupun pernyataan yang mengatakan bahwa Gibran menyalahkan rakyat karena tidak mematuhi aturan pemerintah.

Link Sumber

https://regional.kompas.com/read/2020/04/24/11462531/gibran-bila-patuh-anjuran-pemerintah-wabah-corona-segera-usai

https://news.detik.com/berita/d-4841447/nasdem-ungkap-syarat-usung-gibran-rakabuming-dan-bobby-nasution

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...