[Disinformasi] Jaksa Kasus Novel Baswedan Fedrik Adhar Akhirnya Dipanggil KPK

17 Juni 2020 | 594 Kali | Toni Aryadi

Jaksa Kasus Novel Baswedan Fedrik Adhar Akhirnya Dipanggil KPK

Penjelasan :

Beredar sebuah video terkait Jaksa Fedrik pada Selasa 16 Juni 2020 dengan narasi bertuliskan "JAKSA NOVEL BASWEDAN, FEDRIK SARIPUDIN AKHIRNYA DIPANGGIL KPK," 

Dilansir dari medcom.id, klaim bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan, Fedrik Adhar dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut. Setelah ditelusuri isi dari video tersebut sama sekali tidak disinggung terkait pemanggilan resmi Jaksa Fedrik oleh KPK. Video tersebut lebih banyak menyoroti sejumlah sisi kehidupan Jaksa Fedrik,  antara lain terkait harta kekayaan Jaksa Fedrik yang dianggap tidak wajar. Terdapat pula penggalan narasi berbunyi "Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana meminta agar Fedrik menjelaskan asal-usul harta kekayaannya kepada publik. Sebab tidak sesuai dengan masa kerja, dan gajinya sebagai ASN," . Namun demikian, tidak ditemukan pemberitaan resmi terkait pemanggilan tersebut.

Link Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/lKYxaJAk-jaksa-kasus-novel-baswedan-fedrik-adhar-akhirnya-dipanggil-kpk#:~:text=Beredar%20narasi%20bahwa%20Jaksa%20Penuntut,pada%20Selasa%2016%20Juni%202020.

https://www.lampost.co/berita-cek-fakta-jaksa-kasus-novel-baswedan-fedrik-adhar-akhirnya-dipanggil-kpk-ini-faktanya.html

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...