[Hoax] Sambal Bawang Dapat Cegah Covid-19

30 Desember 2020 | 649 Kali | Toni Aryadi

Sambal Bawang Dapat Cegah Covid-19

Penjelasan :

Beredar pesan berantai terkait sambal bawang yang dapat mencegah Covid-19. Dalam pesan berantai disebutkan orang Indonesia kebal pada Covid-19 karena sering mengonsumsi sambal bawang. Klaim bahwa bawang harus dikonsumsi dengan cabai karena mengandung vitamin C dosis tinggi untuk mencegah virus, kuman, maupun bakteri.  

Dilansir dari Liputan6.com, klaim yang menyebutkan sambal bawang bisa mencegah Covid-19 adalah tidak benar. Menurut dr Putu Eka Prayastiti Kefani, Dokter keluarga sekaligus Co-founder Sadar Sehat menjelaskan bahwa klaim yang menyebut bawang harus dikonsumsi dengan cabai karena mengandung vitamin C dosis tinggi untuk mencegah Covid-19 tidak tepat, sebab jumlah vitamin C yang dibutuhkan sebagai dosis terapeutik (membantu tubuh melawan virus pada umumnya) adalah 1000-2000 mg, yakni setara dengan 2 kg cabai. Hal tersebut tidak rasional karena dalam 100 gram cabai hanya mengandung 50 mg vitamin C. Ia juga menyebut pencegahan efektif untuk menangkal Covid-19 adalah dengan penerapan protokol kesehatan.

Link Sumber

https://www.kominfo.go.id/content/detail/31824/hoaks-sambal-bawang-dapat-cegah-covid-19/0/laporan_isu_hoaks

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4445466/cek-fakta-tidak-benar-sambal-bawang-bisa-cegah-covid-19

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...