[Hoax] Resep Obat Untuk Pasien Covid-19

27 Juni 2021 | 980 Kali | Edy Krisna

Resep Obat Untuk Pasien Covid-19

Penjelasan :

Beredar informasi di media sosial sebuah gambar mengenai resep obat-obatan Covid-19 versi rumah sakit. Dalam gambar yang beredar, seseorang dianjurkan jika terkena Covid-19 untuk tidak perlu panik dan tidak perlu ke rumah sakit jika tidak sesak parah dan disarankan untuk diobati sendiri, karena saat ini rumah sakit khusus Covid-19 semua penuh.

Berdasarkan penelusuran, pesan tersebut merupakan informasi menyesatkan yang sudah beredar sejak akhir 2020. Melansir dari pemberitaan detik.com berjudul “Viral daftar obat untuk pasien Covid-19, ini pesan dokter paru” pada 29 Desember 2020, dijelaskan bahwa pemakaian obat tidak bisa sembarang tanpa resep dokter. Dokter spesialis paru sekaligus Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), dr Erlang Samoedro, SpP(K) mengatakan pemberian obat, meski pada pasien tanpa gejala, tetap harus dalam pengawasan medis. Obat harus diberikan sesuai kondisi pasien untuk mengurangi risiko efek samping penggunaannya. Hal serupa juga dijelaskan oleh dokter umum sekaligus kandidat PhD di Medical Science di Kobe University, Adam Prabata menyebutkan bahwa obat-obatan tersebut memiliki efek samping pada pengguna jika tidak dikonsultasikan kepada dokter. Terdapat efek samping yang bisa ditimbulkan apabila mengkonsumsi obat-obatan tersebut secara sembarangan seperti gangguan liver dan ginjal.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2021/06/25/salah-resep-obat-untuk-pasien-covid-19/

https://www.suara.com/news/2021/06/25/114535/cek-fakta-daftar-resep-obat-pasien-covid-1 9-tanpa-perlu-ke-rumah-sakit

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...