[Disinformasi] Obat Covid-19 Molnupiravir Sudah Bisa Digunakan Pada Bulan September 2021

03 September 2021 | 762 Kali | Edy Krisna

Obat Covid-19 Molnupiravir Sudah Bisa Digunakan Pada Bulan September 2021

Penjelasan :

Telah beredar sebuah pesan berantai WhatsApp terkait informasi yang mengatakan bahwa obat Molnupiravir merupakan obat Covid-19 yang ditemukan di United States of America (USA) dan sudah bisa digunakan mulai bulan September 2021.

Faktanya, klaim yang mengatakan bahwa obat Molnupiravir merupakan obat Covid-19 yang ditemukan di USA dan sudah bisa digunakan mulai bulan September 2021 adalah keliru. Menurut penjelasan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, obat antiviral Molnupiravir saat ini masih dalam tahap uji coba. Pengujian dilakukan karena obat ini dapat bekerja melawan virus yang hampir sama dengan virus Covid-19. Pemerintah melalui PT. Kimia Farma Tbk, menargetkan proses uji klinis antigen Molnupiravir selesai pada Oktober 2021. Sampai saat ini belum ada konfirmasi khusus tentang hasil uji fase ketiga dari obat tersebut. Selain itu, saat ini Pemerintah masih ingin memastikan kesiapan anggota Holding BUMN Farmasi itu untuk memproduksi obat-obatan terapi Covid-19  yang dalam hal ini termasuk obat Molnupiravir.

Link Sumber

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3649222/obat-molnupiravir-benarkah-dapat-sembuhkan-covid-19

https://www.idxchannel.com/economics/kimia-farma-targetkan-uji-klinis-molnupiravir-rampung-oktober-2021

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210414164735-37-237887/viral-molnupiravir-obat-baru-yang-bisa-sikat-covid-19

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...