[Hoax] Foto Jokowi dan Ma’ruf Amin Menjenguk Ade Armando

19 April 2022 | 2594 Kali | Alit

Foto Jokowi dan Ma’ruf Amin Menjenguk Ade Armando

Penjelasan :

Akun Twitter dengan nama pengguna “aguspratono” mengunggah sebuah foto thumbnail video YouTube yang menunjukkan Jokowi dan Ma’ruf Amin tengah menjenguk Ade Armando di rumah sakit. Adapun video yang menggunakan foto thumbnail tersebut adalah video berjudul “GEGERKAN PUBLIK ~ JOKOWI MA’RUF AMIN SAMBANGI LANGSUNG ADE ARMANDO..!!” yang diunggah oleh kanal “HALUAN POLITIK”.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto thumbnail tersebut merupakan foto hasil suntingan. Foto tersebut merupakan hasil suntingan foto Jokowi dan Jusuf Kalla yang menjenguk SBY pada tahun 2018 lalu yang digabungkan dengan foto Ade Armando. Foto Jusuf Kalla juga disunting dengan foto Ma’ruf Amin.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “aguspratono” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Link Sumber

https://news.detik.com/foto-news/d-4122697/foto-bersalaman-ini-momen-jokowi-jk-jenguk-sby-di-rspad/2

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...