[Hoax] Campuran Air Panas dan Pare Mampu Bunuh Sel Kanker

10 Mei 2022 | 708 Kali | Alit

Campuran Air Panas dan Pare Mampu Bunuh Sel Kanker

Penjelasan :

Telah beredar pesan melalui WhatsApp berisi informasi terkait air panas yang dicampur dengan pare dapat membunuh sel kanker. Informasi yang disertai dengan tautan blogspot diklaim bersumber dari RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD Gatot Soebroto) Jakarta.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan WhatsApp tersebut adalah hoaks lama yang berulang. Mengutip wawancara Dokter Gizi Medis dr Karina Anastasya, M.Kes dari Liputan6, air rebusan kanker tidak terbukti dapat menyembuhkan kanker. Berdasar dari penelitian, dr Karina menjelaskan bahwa pare memiliki senyawa antikanker, namun senyawa itu didapat dari ekstrak pare bukan air rebusan pare.

“Air rebusan pare tidak bisa dibilang menyembuhkan kanker. Senyawa dalam pare itu memiliki efektifitas sebagai antikanker. Namun pada saat ini masih terbatas dari pengambilan ekstrak dari pare itu sendiri, belum sampai ke tahap air rebusan pare,” jelas dr. Karina.

Sebagai tambahan, informasi seputar penyembuhan kanker menggunakan pare sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “Air pare yang panas dapat Membunuh Sel Kangker” dan [KLARIFIKASI] “Pare Tidak Serta-merta Bisa Menyembuhkan Kanker”.

Dengan demikian, pesan yang beredar melalui WhatsApp itu dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

 

Link Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4120992/hoax-atau-bukan-pare-bisa-sembuhkan-kanker

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...