[Hoax] Cek Gula Darah Gratis Menularkan Virus HIV

22 Mei 2022 | 1121 Kali | Alit

Cek Gula Darah Gratis Menularkan Virus HIV

Penjelasan :

Beredar kembali klaim mengenai cek gula darah gratis yang dapat menularkan virus HIV AIDS.

Hoaks ini sudah beredar sejak tahun 2017 , dan telah mengalami modifikasi. Turnbackhoax pernah membahas klaim ini dengan judul “[SALAH] Pesan Berantai Cek Gula Darah Gratis sebagai Modus Menyebarkan HIV” pada tanggal 26 September 2021. Sebelumnya juga pernah membahas klaim identik dengan judul “[SALAH] Tes Gula Darah untuk Menyebarkan AIDS di Medan” pada 17 Mei 2018.

Sebelumnya, kliam serupa juga beredar di sejumlah daerah seperti di Aceh, Pasuruan, Malang, Bojonegoro,Yogyakarta hingga Bali. Isi pesan diubah lalu diganti dengan lokasi berbeda dan mencatut nama pejabat dan atau aparat setempat agar terlihat meyakinkan. Bahkan, pesan itu pernah mencatut PKI dan ISIS untuk menakuti masyarakat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, klaim mengenai cek gula darah gratis yang menularkan virus HIV adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten palsu.

Link Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/lKYrl6VN-cek-fakta-pesan-berantai-dokter-gadungan-sebar-virus-hiv-dengan-modus-cek-gula-darah-gratis-begini-faktanya

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...