[Hoax] Video telur palsu dari plastik

09 Juni 2022 | 505 Kali | Alit

Video telur palsu dari plastik

Penjelasan :

Berdasarkan hasil penelusuran, kuning telur yang tidak pecah diduga merupakan telur yang terbuat dari plastik adalah salah.

Kuning telur tidak mudah pecah disebabkan karena terdapat membran vitellin yang merupakan salah satu bagian dari kuning telur yang amat penting selama proses pengasinan. Membran vitellin mendorong air keluar dari kuning telur dan mencegah air masuk, mendorong NaCl masuk ke dalam kuning telur dan mencegah NaCl keluar.

Dilansir dari Wikipedia.org, kuning telur yang masih segar berbentuk bulat dan keras. Seiring bertambahnya usia kuning telur, ia menyerap air dari albumen, yang meningkatkan ukurannya dan menyebabkannya meregangkan dan melemahkan membran vitelline (selubung bening yang menutupi kuning telur). Efek yang dihasilkan adalah bentuk kuning telur yang rata dan membesar.

Dengan demikian, kuning telur yang tidak pecah merupakan telur terbuat dari plastik adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Link Sumber

https://en.wikipedia.org/wiki/Egg_as_food#Anatomy_and_characteristics

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...