[Hoax] Video “INDONESIA BERJAYA DI FORMULA 1”

14 Juli 2022 | 417 Kali | Alit

Video “INDONESIA BERJAYA DI FORMULA 1”

Penjelasan :

Akun TikTok dengan nama pengguna “aldplay” mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa foto ajang kompetisi Formula 1. Salah satu foto yang terdapat dalam video menunjukkan foto ketiga pemenang yang berdiri di atas podium, disertai dengan gambar bendera merah putih yang berada di podium pertama. Unggahan tersebut disertai narasi bahwa pebalap asal Indonesia memenangkan kompetisi tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video yang menunjukkan kemenangan pebalap F1 asal Indonesia. Faktanya, video tersebut menunjukkan kemenangan Charles Leclerc, pebalap F1 asal Monako, pada ajang F1 di Bahrain.

Lebih lanjut, meskipun bendera Indonesia dan bendera Monako memiliki persamaan warna, yakni merah putih, namun bendera kedua negara memiliki beberapa perbedaan. Adapun bendera Indonesia memiliki dimensi 2:3 dan berbentuk lebih panjang dan ramping. Sedangkan, bendera Monako memiliki dimensi 4:5 dan berbentuk lebih lebar, hampir menyerupai persegi.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “aldplay” tersebut dapat dikategorikan sebagai Parodi/Satire.

Link Sumber

https://www.formula1.com/en/drivers/charles-leclerc.html

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...