[Hoax] Kereta di Jepang Edisi Kemerdekaan RI

24 Agustus 2022 | 354 Kali | Alit

Kereta di Jepang Edisi Kemerdekaan RI

Penjelasan :

Sebuah akun Tiktok mengunggah video yang menunjukkan sebuah kereta listrik gantung yang tengah melintasi perlintasan kota. Dalam video tersebut terdengar suara orang yang menyuruh membunyikan klakson kereta tersebut yang bernada lagu Hari Kemerdekaan atau yang lebih dikenal dengan lagu 17 Agustus.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut nyatanya sudah disunting atau diedit pada bagian audionya dengan menambahkan audio dari video yang berbeda. Video cukup identik terkait kereta monorail di Chiba, Jepang tersebut ditemukan pada unggahan pengguna twitter bernama @PninaritaiYUKKE pada 9 Maret 2022.

Sementara itu, terkait audio klakson yang digunakan untuk mengedit video tersebut diambil dari kanal youtube Ardhitya Prihantoro pada 17 Agustus 2022. Dalam video tersebut terlihat sebuah truk besar yang melintas dan membunyikan klakson bernada lagu Hari Merdeka.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/23/194000282/-hoaks-kereta-jepang-edisi-kemerdekaan-ri?page=all

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...