[Hoax] WhatsApp Pembayaran Tilang Online Mengatasnamakan Polri

07 Oktober 2022 | 301 Kali | Alit

WhatsApp Pembayaran Tilang Online Mengatasnamakan Polri

Penjelasan :

Beredar pesan WhatsApp berisi pembayaran tilang online yang mengatasnamakan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Dalam pesan tersebut korban diminta untuk membayar uang denda yang ditransfer ke rekening virtual account.

Faktanya, Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek melalui akun Twitter resminya @1trenggalek, mengklarifikasi bahwa pesan WhatsApp tersebut merupakan modus penipuan berkedok tilang online. Dijelaskan juga bahwa tilang online Polri tidak pernah menginformasikan kode bayar melalui WhatsApp, melainkan hanya menggunakan BRI Virtual Account (BRIVA). Selain itu, kode pembayaran hanya dikirimkan melalui short message service (SMS) yang dikirimkan dari sistem Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Link Sumber

https://twitter.com/1trenggalek/status/1578203909436616706

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...