[Disinformasi] Covid-19 Varian Baru Hanya Berbahaya Bagi yang Sudah Divaksin

10 November 2022 | 255 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Covid-19 Varian Baru Hanya Berbahaya Bagi yang Sudah Divaksin

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di media sosial Twitter yang menyebut bahwa Covid-19 varian baru hanya berbahaya bagi yang sudah pernah divaksinasi Covid-19. Unggahan tersebut juga mencantumkan tautan artikel CNBC Indonesia yang berjudul "RI Kebobolan (Lagi) Varian Baru Covid, Kasus Naik Nyaris 100%".

Faktanya, klaim tersebut adalah salah. Berdasarkan hasil penelusuran, artikel yang diunggah oleh CNBC Indonesia menginformasikan mengenai kenaikan kasus Covid-19 yang disebabkan oleh varian baru yang masuk Indonesia, yaitu Omicron BA.4 dan BA.5. Tidak ditemukan informasi mengenai virus yang lebih berbahaya bagi yang sudah divaksin dalam artikel. Dilansir dari turnbackhoax.id, riset dari Canadian Immunization Research Network (CIRN) sejauh ini menunjukkan bahwa satu dosis vaksin Covid-19 dari AstraZeneca mampu memberikan perlindungan yang signifikan dari varian baru Covid-19, dan dua dosis akan memberikan perlindungan lebih tinggi.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2022/11/09/salah-varian-baru-covid-hanya-berbahaya-untuk-yang-divaksin/

https://covid19.go.id/id/artikel/2022/11/09/salah-varian-baru-covid-hanya-berbahaya-untuk-yang-divaksin

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...