[Hoax] Sesudah Deklarasi Anies, Kaesang Langsung Hadiri Pidato Janji Anies

19 Februari 2024 | 144 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Sesudah Deklarasi Anies, Kaesang Langsung Hadiri Pidato Janji Anies

Penjelasan :

Judul dan Thumbnail pada sebuah unggahan video YouTube mengklaim bahwa Kaesang mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan, disebutkan juga bahwa Kaesang mendengarkan pidato janji Anies setelah deklarasi tersebut dan Jokowi syok melihat hal tersebut. Diketahui bahwa Kaesang, putra bungsu Jokowi, merupakan ketua umum partai PSI.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut menyesatkan. Saat ini Kaesang bersama partai PSI merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran. Adapun foto thumbnail yang digunakan adalah momen saat sidang pleno penentuan pengusungan nama calon presiden hasil rakernas DPP Partai NasDem pada Juni 2022.

Selain itu, narator dalam video juga tidak menunjukkan bukti terhadap klaim tersebut. Narator hanya membacakan artikel berita dari Fajar.co.id yang berjudul “PKS, PKB, dan NasDem Segera Deklarasi Bersama, Usung Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar”.

Dengan demikian, Kaesang mendeklarasikan Anies adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Link Sumber

https://wartakota.tribunnews.com/2022/06/17/nasdem-sudah-pilih-tiga-capres-hasil-rakernas-surya-paloh-bakal-putuskan-satu-nama

https://www.cnbcindonesia.com/news/20231024201725-4-483351/resmi-psi-deklarasikan-dukungan-untuk-prabowo-gibran

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...