[Hoax] “VIDEO KEBAKARAN AKIBAT SET TOP BOX MELEDAK”

15 Desember 2022 | 263 Kali | Alit

“VIDEO KEBAKARAN AKIBAT SET TOP BOX MELEDAK”

Penjelasan :

Muncul unggahan video di akun Twitter yang bernama “@elizabethlisa76”, video yang berdurasi 19 detik dengan keterangan Sekilas info Khususnya Wilayah Jabodetabek Alat Setbook TV Bila Tidak Di Tonton Cabut Saja, Sudah Ada Korbanya. Knp kebijakan mrk slalu membuat rakyat sengsara lagi n lagi. 

Melansir dari antaranews.com  kejadian STB meledak yang menyebabkan 3 orang menjadi korban itu tidaklah benar, Video pada narasi tersebut adalah situasi sebuah rumah usaha penatu atau laudry yang terbakar di Perumahan Taman Cikande, Kabupaten Tangerang. Adapun penyebab terbakarnya rumah tersebut bukan karena STB meledak. Video sebenarnya pernah diunggah akun youtube metrotvnews pada 2 Desember 2022, dengan judul “Rumah Usaha Laundry di Tangerang Hangus Terbakar”.

Dengan demikian video dengan keterangan kebakaran rumah akibat set top box (STB) meledak adalah informasi yang menyesatkan atau hoaks.

 

Link Sumber

https://m.antaranews.com/berita/3291015/hoaks-video-kebakaran-akibat-set-top-box-meledak

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-set-top-box-meledak-di-perumahan-cikande-tangerang-simak-faktanya.html

https://youtu.be/DBwaCtYQmfQ

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...